Saturday, July 8, 2017

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Tujuan IMK, definisi IMK dan bidang/disiplin ilmu yang terkait IMK

Definisi Interaksi Manusia dan Komputer, Bidang Yang Mempengaruhinya

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau dalam bahasa indonesia Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena disekitarnya. IMK pada prinsipnya yaitu membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin. Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan computer.

IMK juga bisa diartikan disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain evaluasi dan implementasi dari sistem komputer yang interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

Tujuan IMK

Beberapa tujuan IMK :

User Friendly (Ramah bagi Pengguna) artinya kemampuan yang dimiliki oleh sebuah software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula.
WYSWYG ( what you see is what you get ) artinya menghasilkan tampilan program yang sesuai dengan aslinya.
Mengurangi frustasi, ketidakamanan dan kebingungan pada pengguna aplikasi


Bidang Yang Mempengaruhi IMK

Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer
Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam merancang interaksi manusia dan Komputer.

Psikologi
Bidang ini memberikan pemahaman-pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motoric pengguna yang beraneka-ragam.

Contoh : Posisi tombol kirim pada sebuah aplikasi kirim pesan disebelah kanan bawah memudahkan pengguna menekannya.

Tipografi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seperti gambar akan lebih bermakna dari pada teks / tulisan.

Contoh : Design icon menu pada sebuah aplikasi.

Egronomi
Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Contoh : Desain mesin fingerprint.

Antropologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok, baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda.

Contoh : Standarisasi nilai rupiah atau indeks mata uang.

Linguistik
Linguistik Merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Bidang ini membantu dalam menciptakan suatu dialog yang diperlukan untuk proses komunikasi yang memadai antara pengguna dan komputer. Dialog ini biasanya menggunakan bahasa khusus seperti bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah dll.

Sosiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial di masyarakat.

Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak adalah faktor yang bisa menciptakan suatu program yang efektif efisien serta user friendly.

Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang bertujuan agar computer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia contoh : Auto pillot pada pesawat terbang

Multimedia atau Design Graphic
Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Dengan adanya multimedia ini tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh manusia

Contoh : tampilan sebuah iklan menggunakan animasi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com