Saturday, July 8, 2017

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Perbandingan kecakapan relative manusia dan computer permodelan system pengolah

Perbandingan Kecakapan Relative Manusia dan Komputer, dan Permodelan System Pengolah


Kecakapan Relative Manusia
Estimasi
Intuisi
Kreativitas
Adaptasi
Kesadaran Serempak
Pengolahan Abnormal atau Pengecualian
Pengingat Sosiatif
Pengambil Keputusan non Deterministic
Pengenalan Pola
Pengetahuan Tentang Dunia
Kesalahan Manusiawi
Kecakapan Komputer
Kalkulasi Akurat
Dedukasi Logika
Aktivitas Perulangan
Konsistensi
Pekerjaan Serempak
Pengolahan Rutin
Penyimpan dan Memanggil Kembali Data
Pengambilan Keputusan Deterministic
Pengolahan Data
Pengetahuan Tentang Domain
Bebas dari Kesalahan


Permodelan System Pengolahan




Pengolahan (secara) Sadar dan Otomatis
Pengolahan secara sadar, terjadi ketika ada rangsangan yang datang dibagian intelektual yang memerlukan waktu untuk mendapatkan tanggapan sesuai. Pengolahan secara otomatis terjadi karena tindakan sering terjadi dan bersifat reflek ( waktu yang singkat ). Semua tindakan berawal dari pengolahan sadar dan berkembang menjadi pengolahan otomatis.

Register Sensori
Register sensori penglihatan memiliki presentasi atau kemenetapan sebesar 0,2 detik. Register sensori pendengaran memiliki persistensi atau kemenetapan sebesar 2 detik.

Kanal Kapasaitas Rendah
Laju data masukan secara sadar mempunyai kecepatan rendah sementara laju masukan secara tidak sadar mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Memori Jangka Pendek
Memori jangka pendek dapat dilihat sebagai penyimpanan sementara, dan informasi yang ada disimpan dalam bentuk terkodekan bukan dalam bentuk fisik. Memori jangka pendek mempunyai kapasitas 7 sampai dengan 2 chunk informasi ( miller, 1956). Chunk berhubungan dengan segala sesuatu yang dapat dirasakan orang sebagai satu entitas yang berarti. Memori jangka pendek mempunyai waktu penyimpanan yang sangat singkat sekitar 20-30 detik.

Missal :02178126732 menjadi 021-781-267-32

Memori Jangka Panjang
Informasi dalam memori jangka pendek akan dikirim oleh memori jangka panjang dengan kesadaran penuh. Disebut belajar atau suatu proses yang berulang-ulang. Waktu penyimpanan jangka panjang hingga kini belum ada penelitinya berapa lama. Strategi yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengingat jangka panjang adalah dengan cara melakukan kontrak dengan sumber informasi sesering mungkin.

Sikap dan Kecemasan Pengguna
Kecemasan pengguna seringkali ditimbulkan karena adanya rasa takut  berbuat salah pada system yang belum mereka kenal. Kesalahan aktifitas yang menurut dugaan pengguna dapat menyebabkan kerusakan system dan juga tekanan luar dari pengguna. Kecemasan yang berlebihan akan menimbulkan sikap negative yang pada akhirnya akan memperburuk kinerja seorang pengguna. Dengan demikian sistem komputer harus dirancang agar mempunyai sifat yang ramah pengguna ( user friendly).
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com